Bitcoin uang virtual paling populer zaman now

Share:

Hai sobat Crypto circles, ini merupakan post pertama saya setelah sedikit banyak menyinggung tentang teknologi blockchain (baca selengkapnya : Mengenal teknologi 'Blockchain'). Oke, kali ini saya akan membahas mengenai rajanya mata uang virtual / uang digital yakni the king of bitcoin. Sebelum membahas lebih jauh mengenai bitcoin, saya akan memberitahukan kepada sobat blogger apa itu bitcoin. 

Dalam dunia cryptocurency bitcoin diartikan sebagai mata uang virtual yang memiliki ini nilai jual / manfaat, untuk saat ini bitcoin bisa juga di artikan sebagai sebuah komoditas, namun pada dasarnya bitcoin dikonsepkan untuk menjadi mata uang digital dengan berbagai keunggulan, antara lain : Aman, transfer cepat, murah, tidak memerlukan otoritas pihak ketiga ketika transfer dan yang paling penting adalah tercatatkan sesuai kronologi peredarannya serta keterbukaan informasi transfer. Sehingga siapapun tidak dapat membodohi peredarannya (money laundry).

Gagasan pokok bitcoin sebenarnya tidak jauh-jauh dengan model eGold atau pemayaran digital lainnya seperti paypal, payoneer, payza, dll. Namun kemudian ketika mencoba disandingkan ternyata jauh berbeda, mulai dari sistemnya, keamanannya, kecepatan transfernya jauh berbeda.

Kemudian, siapa kira-kira yang memiliki ide menciptakan bitcoin???, sampai saat ini dunia masih bertanya-tanya siapa penggagas bitcoin. Namun, ada sebuah komunitas yang mencoba mencarinya dan ditemukan nama Satoshi Nakamoto, makanya satuan terkecil dari bitcoin dinamakan satoshi. Tapi siapa sebenarnya satoshi nakamoto? entahlah, hanya waktu yang akan menjawab. Bukan begitu brooo....???

Bitcoin pada mulanya dikembangkan pada tahun 2009 dengan nilai kisaran 1 usd / Rp 10.000 pada waktu itu. namun, ketika teknologi semakin berkembang dan didorong adanya keterbukaan informasi di dunia maya, nama bitcoin makin sexy. Se-sexy artis-artis ibu kota / artis alxis yang kemudian katanya diganti al-ikhlas, hahahha....

Coba bayangkan dari tahun 2009 ke tahun 2017 perkembanganya lebih pesat dari perkiraan, dari Rp. 10.000 rupiah kini menjadi Rp. 100.000.000 rupiah, Hitung saja sendiri berapa kali lipat naiknya. Jika itu dijadikan suatu komoditas maka satu-satunya komoditas dengan perkembangan tercepat didunia adalah bitcoin.

Selanjutnya, mengapa bitcoin bisa seperti itu??? maka, jawabannya ada pada fitur-fiturnya. Untuk itu simak lagi ya guys di postingan berikutnya, selamat membaca.

Semoga bermanfaaat.

Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.