Sabtu, 18 November 2017

Fitur-fitur unggulan bitcoin (The king of cryptocurency)

crypto circle

Hai sobat crypto circles, kembali lagi dengan tulisan saya tentang serba-serbi bitcoin. Sebelumnya baca dulu guys apa itu bitcoin, linknya disebelah (baca selengkapnya : Bitcoin uang virtual paling populer zaman now ).

Oke, kali ini kita akan membahas mengenai sistem unggulan bitcoin dan kenapa menjadi rajanya cryptocurency, mari simak baik-baik :
Transfer instant secara peer to peer.

Peer-to-peer yang artinya bitcoin berjalan tanpa adanya server pusat, server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi. Kemudian, dari semua transaksi bagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan bitcoin. Bagaimana, sudah ada gambaran??? 


Nah begitu kira-kira gambarannya, gambar 1 merupakan sistem bank saat ini yang pengirimannya harus melalui regulasi pihak ketiga. berbeda dengan gambar kedua, sistemnya tanpa danya server terpusat jadi semuanya memiliki hak akses kronologi transaksi.

Transfer ke mana saja tanpa batas

Tidak seperti uang atau emas, bitcoin dapat dikirim kemana saja kapan saja dalam hitungan detik, jadi sobat dapat mengirimkan uang dengan Bitcoin pada sanak saudara secara instan tanpa batas dari negara satu kenegara lain. Hanya dengan bermodal smartphone dan laptop yang  koneksi dengan internet.

Biaya transfer sangat kecil

Biaya pengiriman pun bisa diminimalisir bahkan dapat dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah uang yang dikirimkan. Perlu diingat transfer bukan melalui money changer yang menetapkan fee berbeda-beda jumlahnya.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.

Bitcoin yang sudah terlanjur ditransfer tidak dapat dibatalkan, artinya pemilik bitcoin harus hati-hati dalam mencatat alamat bitcoin untuk transaksi apakah sudah benar atau belum. Bagaimana ketika kita salah transfer, dapatkah kembali? Pada dasarnya bisa saja kembali, namun kita harus mencari siapa penerima bitcoin untuk meminta bitcoin kita kembali dengan bukti sejarah kronologi transfer kita. 

Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.

Setiap transaksi dan saldo bitcoin yang kita miliki semua bersifat publik, artinya siapa saja dapat melihatnya. Namun, kita tidak tahu siapa pemilik alamat bitcoin apabila pemiliknya tidak memberitahukannya.

Perlu sobat tau juga, sebenarnya pengguna bitcoin dapat memilih untuk menyembunyikan atau memperlihatkan identitas dirinya, akan tetapi walapun pengguna merahasiakan identitasnya semua transaksinya tetap dapat tercatat dan di pantau oleh publik kok. 

Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

Bitcoin tidak dapat di kontrol oleh siapapun, karena menggunakan teknologi database berbasis blockchain, jadi setiap transaksinya akan terrecord dan mustahil untuk memalsukan transaksi dalam blockchain. setiap transaksi tercatat secara live time, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Sehingga siapa yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, mau tidak mau harus meretas jutaan server di waktu bersamaan.

Jumlahnya terbatas

Total suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia dan sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali. sehingga menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik. Berita bagus bukan? Mari-mari inverstasi. hahahaha.

Oke guys, sekian dulu ya mengenai fitur-fitur yang ada dalam bitcoin, dalam postingan selanjutnya akan membahas mengenai “kenapa kita wajib memiliki bitcoin?”

Semoga bermanfaat.

Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Posting Komentar