Senin, 11 Desember 2017

BANK TERBESAR RUSIA UJI COBA TRANSFER UANG PADA IBM BLOCKCHAIN



Dilansir dari media online cryptocoinsnews, salah satu bank dengan aset terbesar di Rusia melakukan transfer uang secara real-time dengan menggunakan sistem berbasis blockchain, berdasarkan laporan Sberbank rusia melakukan transfer dana  melalui blockchain yang di buat oleh IBM Blockchain berbasis perangkat lunak Fabric Hyperledger, namun belum dapat dikonfirmasi berapa jumlah dana yang ditransfer, dari dana tersebut ditransfer antara pembeli dan penjual pada dua bank secara terpisah yang difasilitasi oleh sistem TI Sberbank lengkap dengan aplikasi web untuk klien bank agar dapat melacak transaksinya.

Pada bulan juli lalu CNN memberitakan sebuah konsorsium blockchain Hyper-source Open-source berbasis Linux Foundation yang secara resmi meluncurkan perangkat lunak blockchain pertamanya yang siap produksi pada Hyperledger Fabric 1.0.   

"Solusi blockchain yang dibuat oleh Sberbank telah memungkinkan kami melakukan transaksi pembayaran sebagai ujicoba pertama dengan menggunakan teknologi IBM Blockchain, ini merupakan sejarah industri perbankan Rusia," kata direktur Sberbank Stella Kudachkina.

Sberbank juga mencantumkan sejumlah mitra yang berpartisipasi dalam uji coba transaksi pembayaran dan mengisyaratkan bahwa pembayaran berbasis blockchain di masa depan bagi pelanggan ritel perbankan, dari sejumlah mitra Sberbank yakni MegaFon (operator telepon seluler terbesar kedua di Rusia), MegaLabs (penyedia solusi IT berbasis di Moskow), Alfa-Bank (sebuah bank swasta besar Rusia) dan raksasa teknologi IBM. terutama, Sberbank dan Alfa-Bank menggunakan teknologi blockchain dengan tujuan akhir menjadi solusi utama penyelesaian transfer antar bank terbaru.

Eksekutif Sberbank menambahkan:

“Keuntungan menggunakan teknologi ini saat melakukan transaksi transfer dengan kecepatan tinggi ; setelah uang dikirim, transaksi otomatis dicatat oleh akun penerima secara seketika, secara real time, tidak seperti sistem tradisional yang digunakan untuk melakukan transfer.”

Pernyataan Sberbank ini dalam beberapa bulan setelah bergabung dengan Enterprise Ethereum Alliance (EEA), sebuah konsorsium perusahaan pemula dan pemerintah yang bekerja untuk memanfaatkan teknologi blockchain etereum open source untuk solusi perusahaan.

Awal tahun ini, chief executive bank Herman Gref , akan mempertimbangkan bahwa Rusia akan melihat aplikasi komersial teknologi blockchain pada tahun 2019.

Source : https://goo.gl/TwXR7W

Posting Komentar