Jumat, 12 Januari 2018

Bank Sentral Korea bentuk Satgas untuk Mempelajari Dampak Kriptokurensi

 

doc. the wall street journal
Cryptocirclenews - Hadirnya uang digital (Kriptokurensi) membuat departemen keuangan pada tiap negara khawatir akan perkembangan uang fiat. Salah satunya Bank of Korea (BoK) yaitu bank sentral Korea Selatan, telah meluncurkan sebuah satgas kriptokurensi. fungsinya untuk mengeksplorasi dampak teknologi terhadap sistem keuangan.

Menurut laporan kantor berita lokal Pulse News, bank tersebut mengatakan bahwa satgas kriptokurensi akan melihat partisipasi dari delapan departemen, termasuk unit stabilitas keuangan dan kebijakan moneter, untuk mempelajari dampak mata uang digital.

Satgas ini akan bekerja dan dikelola oleh departemen pembayaran dan penyelesaian Bank of Korea dan akan dipimpin oleh Shin Ho-soon, wakil gubernur bank sentral. Bank of Korea juga berusaha untuk mengeksplorasi mata uang digital yang didukung bank sentral sebagai bagian dari proyek tersebut.

Pengumuman tersebut menyusul kekhawatiran yang diajukan di Korea Selatan bahwa pertumbuhan yang luar biasa terhadap harga kriptokurensi dapat mempengaruhi sistem keuangan tradisional.

Awal pekan ini, ada enam bank yang tidak disebutkan namanya di Korea Selatan yang meneliti Unit Intelijen Keuangan Korea dan Financial Supervisory Service untuk hubungan mereka dengan ekosistem pertukaran bitcoin di negara tersebut. Dari regulasi menuntukkan pada saat mereka melihat apakah bank mematuhi kewajiban anti-pencucian uang (AML) saat mereka bertransaksi dengan pertukaran kriptokurensi.

Pemerintah telah mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya akan bergerak untuk menerapkan lebih banyak pengawasan di tengah meningkatnya volume perdagangan di bursa kripto, termasuk kemungkinan larangan perdagangan anonim. Sebelumnya, pada laporan baru menunjukkan bahwa pemerintah Korea Selatan mengintensifkan langkahnya untuk melarang pertukaran bitcoin di negara tersebut.




Sumber : www.coindesk.com



Posting Komentar