Minggu, 07 Januari 2018

Persona ; Solusi pengelolaan identitas dengan teknologi blockchain

 

Logo Persona
Cryptocirclenews – Gagasan baru tentang pengelolaan identitas yang aman dan nyata, merupakan gagasan Ioana Frincu (Founder Persona),  Stefan Neagu dan tim. Ioana merupaka konsultan di IBM dalam Business Analytics dan Divisi pengoptimalan dan Analis Engineer Analytics dan Mesin di dalam Parametric Technology Corporation (PTC) dan Stefan adalah seorang yang telah berpengalaman didalam industri sektor keuangan pada APN Amro dan Royal Bank of Scotland, berbagai proyek besar seperti migrasi “core banking system” dan penerapan aplikasi internet perbankkan.

Persona merupakan sebuah platform untuk pengelolaan identitas dimana sejalan dengan peraturan keamanan data, adapun runglingkup kerjanya yaitu untuk memperdayakan pelanggan dan memberikan hak akses penuh atas data pribadi yang dapat dikontrol sendiri.

Memang sudah banyak platform pengelolaan data identitas yang aman layaknya seperti facebook, goolge dan lainnya. Namun tidak hanya keamanan yang dicari seseorang, akan tetapi juga fakta / real identitas bukan data palsu. Untuk itu, persona membuat sebuah platform manajemen pengelolaan data yang aman, tercatat, terverifikasi dan tentunya terdesentralisasi dengan bantuan teknologi blockchain.
persona

Fokus utama proyek persona antara lain : Pertama,  dengan memanfaatkan teknologi blockchain pada pengelolaan data identitas diri perupakan satu-satunya solusi terbaik untuk saat ini, dengan sifatnya blockchain yang terdesentralisasi dan aman. Kedua, untuk melindungi detail data indentitas pribadi yang mana sebenarnya sudah ada pada google, facebook, dll. Namun mereka tidak memiliki kendali atas data yang ada ketika sudah di upload, untuk itu persona memberikan kembali kontrol data informasi diri.

Ketiga, persona memberdayakan setiap orang untuk mendapatkan saham persona bagi mereka yang memberikan informasi data identitas pribadi mereka. Keempat, memungkinkan untuk pihak ketiga (perusahaan) untuk mencari informasi rincian data diri untuk menambah layanan mereka dengan menawarkan kepercayaan sebagai layanan. Kelima, untuk mencegah adanya pemalsual identitas dengan menyediakan sistem manajemen identitas yang terdesentralisasi, misalnya persona dapat memberikan laporan tingkat kepercayaan informasi identitas berdasarkan profil publik persona dengan melacak sumber beritanya. Keenam,  persona untuk mengefektifkan sosialisasi proses ketika kekuatan individu telah diperiksa oleh beberapa orang yang entitasnya telah terdaftar dalam sistem.

 Pengenalan Platform Persona 
Sebagai platform (aplikasi) yang terdesentralisasi pada penggunaan teknologi blockchain yang mana terkenal dengan tanpa adanya kegagalan transfer dan seluruh data yang tersimpan akan tercatat pada enkripsi yang mana individu dapat memiliki kontrol atas rincian detailnya dari data yang mereka share dan dengan siapa mereka membagikannya dan untuk berapa lama.

Adapaun poin utama  yang ditawarkan oleh teknologi blockchain adalah :
  1. Tanpa adanya perantara pihak ketiga, tidak memerlukan lagi transaksi melalui pihak lain yang selama ini kita menggunakan transaksi harus melalui pihak ketiga.
  2. Desentralisasi, maksudnya tidak akan ada transaksi mengalami kegagalan dan aman dari hacker yang mencoba menyerang jaringan dan itu hampir tidak mungkin karena hacker harus membobol seluruh jaringan.
  3. Kekekalan, Transaksi yang sudah terlaksana tidak akan dapat dihapus dan itu otomatis tercatat selamanya pada blockchain yang mana tidak dapat di hapus.
Persona menggunakan fitur blockchain yang mana memungkinkan suatu perusahaan dapat menawarkan layanan KCY (Know Your Customer) yakni sebuah layanan untuk mewakili perusahaan memverifikasidan mengakui identitas seseorang ketika berinteraksi hubungan bisnis dengan mereka. Verifikasi proses memiliki dua level yakni komunitas dan profesional KCY.

 Metode KCY (KnowYour Customer) Persona 
Layanan KCY perupakan salah satu rantai yang paling penting, karena KCY dapat dikatakan sebagai tingkat verifikasi pertama oleh masyarakat dimana identitas akan diperiksa dengan teman seumuran. Ini merupakan upaya yang efektif dimana orang didorong untuk memvalidasi masing-masing identitas orang lain, jadi merekaharus mengkornfirmasi keaslian dokumen dan identitas yang yang mendaftar.

Orang yang menawarkan layanan verifikasi akan ditampilkan pada situs resmi persona, mereka akan mendapatkan saham untuklayanan verifikasi data dengan menerima token PRS (persona), ukuran penilaianuntuk memverifikasi data di ilustrasikan pada gambar dibawah ini :
Dari gambar diatas menyatakan bahwa tingkat proses terdapat 6 tingkatan untuk mengukur komunitas meraih pendapatan saham dan presentase verifikasi yang dapat mereka berikan terhadap individu berdasarkan tingkat verifikasi. Berdasarkan verifikasi maksimum seseorang dapat diverifikasi masyarakat adalah 90% sisanya yang 10% hanya dapat diverifikasi oleh pasangan pribadi (institusi, penyedia utilitas maupun perusahaan) yang akan mengakui keabsahan informasi data.

Setiap proses verifikasi seseorang setidaknya mendapatkan saham 5% yang mana proses verifikasi ditujukan oleh jarak terdekat dengan profil yang sudah terverifikasi sebelumnya. Untuk mendapatkan manfaat KCY komunitas persona akan menentukan duta besar di kota besar diseluruh dunia yang dapat membangun komunitas persona pada masing-masing lokasi yang terdaftar pada situs persona dan jadwalnya diumumkan di masyarakat.

Penipuan dalam proses verifikasi akan ditandai, persona dalam hal ini melakukan mekanisme yang cermat untuk menghindari adanya kecurangan, jika seorang pengelola untuk memverifikasi data pada seorang notaris dan identitas mereka terbukti palsu maka mereka akan ditandai dan akan kehilangan seluruh presentase saham mereka.
Daftar dokumen yang diperlukan untuk dapat mengikuti KCY adalah :
1. ID atau paspor atau dokumen yang dikuluarkan oleh pemerintah (dokumen Asli)
2. Salinan atau gambar ID anda
3. Pernyataan bank atau faktur yang membuktikan tempat tinggal anda

Dokumen-dokumen tersebut kemudian akan disimpan di IPFS dan ditandatangani oleh kedua belah pihak sehingga terjadi check and recek setiap orang yang melakukan verifikasi data.

KCY Profesional merupakan sebuah proses dimanaseorang individu melewati ketika melibatkan entitas yang memerlukan proses verifikasi identitas, entitas ini sekali terdaftar pada block persona akan otomatis memperbaharui dan memverifikasi identitas individu dan membawa pada tingkat verifikasi menjadi 100%. Jika seseorang langsung datang ketempat pribadi mitra yang diverifikasi, mereka akan selesai ketika entitas pasangan mengkonfirmasi.

 Tingkat keamanan Data Persona dengan Blockchain 
Mengingat terdapat fakta bahwa ada dua komponen produk yang berlapis-lapir pada masing-masing data, persona aman untuk digunakan. Ketika mendaftar dengan provider, kehadiran fisik dari individu adalah persyaratan untuk berbagi data mereka dengan perusahaan. Terdapat tiga segmen yakni: Pertama, Blockchain yang memegang data transaksi dan IPFS untuk server penyimapanan. Kedua, Aplikasi web dan dasbor untuk digunakan personal.Ketiga, Aplikasi seluler yang membantu pengelolaan data.

Keamanan aplikasi mobile didasarkan pada login dengan mengunakan PIN dan pemindaiansidik jari, kemudian untuk keamanan aplikasi website menggunakan otentikasi 2FA. Begitu penggunaan menciptakan identitas, datanya yang tersimpan akan diamankan oleh kriptografi algoritma blockchain.

Terdapat banyak alasan mengapa teknologi Blockchain digunakan dan lebih aman jika dibandingkan dengan aplikasi terpusat, karena tidak memiliki sistem kegagalan, tidak rawan pencurian data, tercatat dan tidak adanya human eror, dll. Sistem persona menawarkan solusi dengan Caas (Customes as a service) pertama dipasaran. Identitas digitas persona disimpan pada blockchain itu sendiri, diamankan oleh Dpos (Delegated-Proof-of-Stake) mekanisme dan kriptografi. Karena menyimpan filebesar pada block persona tidak efisien, persona menggunakan lapisan terpisah dalam penyimpanan filedan gambar yang terdesentralisasi yang disebut IPFS akan menyimpan semua yang di unggah oleh pengguna.

Semua dokumen yang diunggah oleh pengguna akan dienkripsi menggunakan kata kunci pribadi mereka sebelum di upload dan didistribusikan melalui IPFS, saat dokumen dibagi antara anggota notaris, fileakan dienkripsi oelh pemiliknya dan dibagikan secara langsung dengan rekamannya.

Pada Persona Blockchain mewakili sistem DPoS dengan 51 delegasi yang membuat Penggunaan teknologi Ark (Persona adalah block ARK, mengikuti visi ARK Pendekatan point.click.blockchain). Jumlah delegasi telah ditetapkan menjadi 51 in untuk mendukung perkiraan jumlah node dan transaksi untuk tahun pertama.

Berdasarkan uraian teknis dari ARK blockchain adalah sebagai berikut: 
  • DPoS (Bukti Pelanggaran Terdepan): pertama, 51 aktif menempa Delegasi; kedua, Delegasi dipilih oleh mekanisme pemungutan suara yang dibuat di DPoS; 
  • 100 juta PRS - Blok Kejadian Bibit; 
  • Akun multi-tanda tangan; 
  • Grafik block reward dan inflasi diilustrasikan di bawah ini

Persona akan menggunakan Distributed Ledger Technology untuk mengelola perizinan pengguna, transaksi persetujuan dan bukti identitas. Kami akan menyebarkan blockchain kita sendiri, bernama The Persona Blockchain yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • organisasi penyandang cacat blockchain dengan 51 delegasi bercabang keluar dari Ark (ark.io) blockchain 
  • Blockchain akan bersifat publik dan akan menampilkan interoperabilitas dengan yang lain blockchains melalui Smart Bridges. 
  • Persona akan mengintegrasikan secara native, pada tingkat blockchain, sebuah solusi seperti IPFS berbagi dokumen dan file antar pengguna. 
Karena kita tidak mengharapkan pengguna kita untuk berinteraksi dengan blockchain pada tingkat rendah, maka perusahaan akan mengembangkan dan menerapkan aplikasi terpusat untuk mengelola yang terbaik fungsi umum. Aplikasi yang dikembangkan oleh Persona akan menjadi open source, berdasarkan arsitektur microservices.

Komponen web Persona dibangun menggunakan teknologi berikut:
  • NodeJS (untuk server-side) 
  • Bereaksi (untuk front-end) Tumpukan seluler didasarkan pada pengembangan asli untuk Android dan iOS dan ada Terdiri dari teknologi berikut: Android Kotlin dan Swift untuk iOS.

 TOKEN PERSONA (PRS) 
Desain Token Token PRS adalah token utilitas yang digunakan oleh platform untuk diterbitkan verifikasi Untuk setiap token verifikasi PRS digunakan. Token beredar di lingkungan dan mereka akan ditempa melalui sistem DPoS dengan 51 delegasi, mirip dengan bahtera Saat verifikasi dilakukan dan inisiator adalah mitra swasta, mereka akan membayar PRS token untuk verifikasi Harga verifikasi akan berbeda berdasarkan kompleksitas verifikasi.

 Rencana Bisnis, Target timeline dan alokasi Token 
Penjualan Token untuk Persona akan berlangsung mengikuti fase yang digambarkan di bawah ini:
Jumlah token unggulan akan 100.000.000. Harga untuk satu token PRS selama TGE adalah $ 0,2 Total alokasi : 
- 70.000.000 PRS dialokasikan untuk TGE;
- 15.000.000 PRS dialokasikan untuk tim terdiri dari pendiri. 

Token yang dialokasikan untuk tim akan dipinjamkan selama periode tiga tahun, dibagi menjadi pembayaran tahunan sebagai berikut: 
          - 10% pada Kejadian;
          - 30% setelah 12 bulan; 
          - 30% setelah 24 bulan; 
          - 30% setelah 36 bulan; 
- 12.000.000 PRS dialokasikan untuk Persona Startup Dana; 
- 1.000.000 PRS dialokasikan untuk penasihat. Token yang dialokasikan untuk penasehat akan dipegang selama 6 bulan; 
- 1.500.000 PRS dialokasikan untuk karunia. 
- 500.000 PRS dialokasikan untuk layanan escrow (dilakukan oleh Bahtera)

Ada 70.000.000 PRS dialokasikan untuk TGE, dibagi menjadi satu Sale Swasta dan tiga fase Penjualan Umum, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

 Rencana Kerja Tim Persona 


informasi lebih lanjut hubungi :

Bitcointalk Profile : https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1186242


Posting Komentar