Bitcoin Anjlok, akibat Mesin Pencari Google Melarang Iklan Cryptocurrency

Share:


cryptocirclenews.com - Langkah Google membuat regulasi untuk melarang aktifitas iklan pada google adwords sangat berpengaruh terhadap perkembangan cryptocurrency. Sejak pemberitaan dirilis diberbagai media 14/3/2018 nilai seluruh cryptocurrency mengalami penurunan drastic dari angka sekitar 130juta kini turun menjadi 110juta rupiah.

Adanya kabar ini akan mempengaruhi iklan promosi untuk penawaran koin awal (ICO), pertukaran Bitcoin, digital asset dan sarana perdagangan cryptocurrency lainnya.

Padahal dalam pengumuman yang disampaikan google mengatakan kebijakan tersebut akan dimulai pada bulan Juni 2018. namun tidak memberikan penjelasan secara detail pelarangan tersebut.
Lihat Google To Ban All Crypto-Related Ads Starting June 2018
Ini mengikuti langkah oleh Facebook pada bulan Januari lalu, yang mengatakan bahwa banyak perusahaan di sektor ini bertindak dengan itikad buruk.

Keputusan Google akan mempengaruhi iklan yang ditampilkan baik di hasil penelusuran dan YouTube, serta yang ditempatkan di situs pihak ketiga melalui platform iklannya.

Sertifikasi Google Menjelang pengumuman tersebut, beberapa pengguna layanan AdWords Google telah melaporkan mengalami penurunan dalam kampanye mata uang kripto mereka, meskipun raksasa teknologi tersebut menolak melakukan perubahan kebijakan pada saat itu.

Google juga mengatakan akan memperketat peraturannya untuk iklan yang berkaitan dengan produk keuangan.

Dikatakan bahwa pengguna AdWords harus memiliki lisensi oleh regulator yang relevan di negara yang mereka targetkan dan disertifikasi oleh Google itu sendiri.

"Ini semua langkah bagus," komentar skeptis kripto mata uang David Gerard, penulis Attack of the 50ft Blockchain.

"Ini tentang menangani investasi berisiko yang hampir terjadi pada perjudian.
"Jika Anda seorang trader yang tepat atau investor terakreditasi maka bagus - itu berarti Anda kaya dan uang Anda adalah masalah Anda sendiri. Tapi hal-hal ini seharusnya tidak ditargetkan pada orang biasa." Ujar David.

Langkah Google mengikuti peringatan tentang mata uang kripto yang diterbitkan oleh direktur pelaksana Moneter Internasional pada hari Selasa.
"Pencucian uang dan pendanaan teroris hanya satu dimensi dari ancaman tersebut," tulis Christine Lagarde.

"Pertumbuhan aset kripto yang cepat, volatilitas ekstrim dalam harga yang diperdagangkan, dan hubungan mereka yang tidak jelas dengan dunia keuangan tradisional dapat dengan mudah menciptakan kerentanan baru.
"Kita harus menyambut potensi mereka tapi juga mengenali risikonya."



Sumber : BBC News