Kamis, 11 Januari 2018

Bappebti Buka Peluang Bursa Bitcoin di Indonesia

 



Cryptocirclenews – Semangat perdagangan komoditi dalam kuatral 2017 mulai menurun, salah satu penyebab yaitu meluasnya bursa perdagangan dugital currency salah satunya adalah bursa perdagangan bitcoin. Awal tahun 2017 bitcoin senilai Rp 13.000.000 hingga akhir tahun 2017 perdagangan bitcoin mencapai Rp 261.000.000.

Untuk itu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) membuka peluang perdagangan mata uang kripto bitcoin di Indonesia. Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Dharmayugo Hermansyah melihat kesempatan yang besar pada perdagangan produk ini.

"Untuk bitcoin sedang kami bahas, kami sudah dapat arahan dari Pak Bachrul (Kepala Bappebti), dan bursa serta kliring sedang dipersiapakan untuk diskusi bitcoin," jelas Dharmayugo kepada media dalam agenda Market Review 2017 dan Outlook 2018 PT Bursa Berjangka Jakarta, Rabu (10/10).

Menurut Dharmayugo, diskusi antara bursa derivatif komoditas dan Kliring Berjangka Indonesia direncanakan pada Januari ini. Hasilnya akan digunakan sebagai rujukan untuk Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa mengizinkan perdagangan bitcoin di bursa.

"Kami belum membahas sampai mengenai kontrak fisiknya, tapi masih dalam tahap pembahasan yang detail untuk kontrak berjangka," jelas Dharmayugo.

Dengan demikian sudah mulai jelas posisi bitcoin di indonesia akan dijadikan sebagai komoditi bukan uang digital, untuk itu himbauan terhadap warga indonesia bahwa perdagangan komoditi sangat fluktuatif. Segala resiko ditanggung semua oleh pelaku perdagangan.


Sumber : kontan.id

Tidak ada komentar:
Write comments