Jumat, 08 Juni 2018

Bank Central Vs Cryptocurrency (Bitcoin)

 



cryptocirclenews.com - Terjadinya bubble pada nilai tukar bitcoin pada tahun 2017 membuat banyak perhatian semua kalangan melirik bitcoin, tanpa terkecuali bank central diseluruh dunia. Beberapa menanggapi secara positif dan apa pula yang menanggapi secara negatif.

Baru-baru ini direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde secara tegas menyatakan akan meruntuhkan kedigdayaan bitcoin. Dia menambahkan ibarat bitcoin adalah api maka harus dipadamkan dengan api “Fight fire with fire”.

Meruntuhkan bitcoin tidak harus dengan menolak bitcoin itu sendiri, namun harus masuk kedalam sistem itu sendiri. Caranya, semua otoritas negara melalui bank sentral di dunia disarankan memanfaatkan bitcoin untuk mengatur regulasi dengan mengontrol peredaran cryptocurrency.

Di dalam situs resmi IMF, Christine Lagarde menyebutkan bahwa perkembangan Cryptocurrency benar-benar canggih. Hingga mampu merevolusi layanan transaksi keuangan di dunia dengan biaya relatif rendah, bahkan mampu memperluas seluruh akses keuangan. Bitcoin sebagai entitas pusat, sebab ingin merubah gaya tradisional menjadi modern dengan mengesampingkan status quo. Satoshi Nakamoto tahu persis bahwa masalah besar dalam perekonomian modern yakni uang fiat mengalami inflasi, purchasing power-nya menurun seiring waktu, tingkat keamanan, biaya transfer semakin besar.

Jika dibanding dengan Bitcoin dengan tingkat keamanan semakin tinggi, transfer dana rendah terlebih mampu menghapus layanan pihak ketiga. Untuk itu dalam teknologi blockchain membuat keseimbangan dengan memberikan reward terhadap miner. Fungsi miner selain memproduksi bitcoin juga sebagai keamanan data dan juga sebagai pihak konfirmasi pengiriman.

Dengan adanya regulasi yang mengatur peredaran bitcoin, akan mampu menggeser unsur negatif terhadap bitcoin itu sendiri misalnya praktek pencucian uang dan pendanaan terorisme. Disisi lain jika bitcoin diatur peredarannya maka tingkat fluktuasinya akan terkontrol karena pada tiap bursa pertukaran akan menggunakan sistem kliring yang membuat fee transaksi juga semakin besar.[ed]


Tidak ada komentar:
Write comments

Jangan lupa sematkan komentar anda dibawah ini, kami tim cryptocirclenews.com bangga dapat memberikan informasi kepada anda. salam