Jumat, 03 Agustus 2018

Korea Selatan Mengadopsi Teknologi Blockchain untuk Perdagangan Saham

 


cyprocirclenews.com - Jum'at 3/8, Badan Pengawas Keuangan Korea Selatan mengadvokasi model perdagangan saham berbasis teknologi blockchain, berita ini dilansir dari coindesk (2/8). Memang secara sekilas negeri k-pop tersebut sangat antusias dengan keberadaan teknologi ini, terlebih persahaan samsung waktu lalu secara terbuka untuk berinvestasi dibeberapa perusahaan blockchain.  

Seruan Pengawas Keuangan (FSS) pertama kali dilaporkan oleh Korea JoongAng Daily. Sebenarnya rencana ini baru tahap penelitian lebih lanjut. Namun secara positif pemerintah mendorong badan pengatur Korea Selatan dan perusahaan untuk berkolaborasi dalam pengembangan sistem dan juga memeriksa penggunaan blockchain oleh operator saham di seluruh dunia.

Penggunaan blockchain dalam perdagangan saham datang dari Australian Securities Exchange (ASX) dengan pertama kali melakukan uji coba menggunakan teknologi ledger untuk sistem penyelesaian dan kliring, yang disebut CHESS pada 2016 lalu. ASX mengatakan pada bulan April bahwa mereka mengharapkan untuk meluncurkan sistem baru pada 2020 mendatang.

Demikian juga, pasar saham AS Nasdaq meluncurkan platform private securities berbasis blockchain pada tahun 2017 dan London Stock Exchange bereksperimen dengan menggunakan blockchain untuk menggantikan sertifikat perdagangan kertas di akhir tahun lalu. Japan Exchange Group (JPX) juga mendirikan konsorsium untuk mengeksplorasi aplikasi blockchain ke infrastruktur pasar modal pada tahun 2017.

Dari penelitian tersebut mencatat bahwa blockchain dapat eksplorasi kasus penggunaan saham secara realtime. Korea positif ingin menadopsi teknologi tersebut dan melakukan kerjasama antara perusahaan swasta dan perusahaan publik yang akan menjadi bagian integral dari keberhasilan sistem perdagangan saham di masa depan.

"Seharusnya tidak ada penghalang antara lembaga publik dan perusahaan swasta dalam mengembangkan sistem blockchain," kata Pengawas Keuangan (FSS) dalam jumpa pers. [ed/Sa]

Tidak ada komentar:
Write comments

Jangan lupa sematkan komentar anda dibawah ini, kami tim cryptocirclenews.com bangga dapat memberikan informasi kepada anda. salam